SRI MULYANI KASIH PILIHAN, GAJI PNS DIPOTONG ATAU TAMBAH UTANG ?

Beritapgri.com - Assalamualaikum wr wb ,,,,,,,,,,,,,,,, Selamat siang rekan-rekan guru semua yang berada diseluruh Indonesia,,,,,,,

Belakangan pemerintah banyak mendapat sorotan mengenai meningkatnya utang pemerintah Indonesia. Disebutkan jika utang pemerintah meroket Rp 34,19 triliun dari Rp 3.672,33 triliun pada Mei menjadi Rp 3.706,52 triliun di Juni.

Melonjaknya angka utang ini meningkatkan kekhawatiran masyarakat. Akan tetapi, pemerintah melalui Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjelaskan jika pemerintah tak mungkin menghentikan utang guna menutupi kekurangan anggaran.


“Misalnya lagi, apa boleh anggaran pendidikan saya potong? Anggaran kesehatan hingga anggaran MRT LRT saya potong? Tentu tidak, kan? Itulah sebabnya Pemerintah tak punya pilihan untuk menutupi kekurangan anggaran dari utang dan bukan malah menyetop utang,” jelas Sri Mulyani di depan peserta diskusi yang dilakukan di Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Kamis (27/07/2017), dikutip dari cnnindonesia.com.

Ia menjelaskan jika menginginkan tidak utang, maka harus bersedia anggaran dipotong.

“Jadi kalau ingin APBN tanpa utang, maka belanja Negara harus saya potong sebanyak Rp397,2 triliun, itu kan berarti balance?” jelas Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia, dikutip dari metrotvnews.com.

Ia pun dalam acara diskusi tersebut melempar sebuah jajak pendapat, menanyakan kepada peserta diskusi mengenai apakah bersedia jika gaji pegawai negeri sipil (PNS), alokasi anggaran untuk pendidikan, alokasi anggaran untuk kesehatan, alokasi anggaran bantuan sosial yang bisa dipangkas.

“Gaji kan enggak mungkin saya potong, kalau yang enggak bisa dipotong seperti gaji TNI, Polri, guru, menurut Anda perlu saya potong enggak?” tanya Sri Mulyani yang kemudian disusul jawaban tidak dari para audience.

Sementara itu, seperti diwartakan tempo.co Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution juga menyatakan jika utang dipergunakan untuk pembangunan infrastruktur.

“Itulah yang paling tertinggal di kita. Kalau nggak bangun kita nggak akan pernah bisa mendekati mereka. Terlalu jauh, sudah kita tertinggal.” kata Darmin di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (10/7/2017) yang lalu.

Sumber : suratkabar

Demikian informasi yang dapat beritapgri.com berikan, Semoga ada manfaatnya untuk kita semua........

loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "SRI MULYANI KASIH PILIHAN, GAJI PNS DIPOTONG ATAU TAMBAH UTANG ?"

Post a Comment