MENDIKBUD: SISWA DI SEKOLAH AKAN PUNYA 2 JENIS RAPOR

Beritapgri.com - Assalamualaikum wr wb ,,,,,,,,,,,,,,,,,,,, Selamat malam rekan-rekan guru semua yang berada diseluruh Indonesia, malam ini beritapgri.com akan membagikan informasi mengenai,,,,,,,,,

Dalam rangka menyukseskan pendidikan penguatan karakter, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan
(Mendikbud) Muhadjir Effendy mewacanakan dua jenis rapor untuk siswa yang menjalani masa 12 tahun wajib belajar.

Dua rapor itu adalah rapor akademis dan perkembangan karakter yang akan menjadi tolak ukur penilaian kompetensi yang sudah dipelajari siswa.

Menteri Muhadjir mengaku sudah membahas masalah itu bersama Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang).


"Itu sudah kami bahas bersama Balitbang. Dengan begitu akan mempermudah sekolah untuk menilai karakter siswa dan perkembangannya. Dan rapor karakter akan menjadi penilaian terhadap siswa sehingga siswa tidak melulu dinilai dari akademisnya saja," jelasnya di Jakarta, Rabu (30/8/2017).

Mendikbud juga akan menyelaraskan rencana dua rapor itu dengan mengusahakan adanya nomor induk siswa (NIS) tunggal secara nasional di mana anak akan memiliki satu NIS saja dari kelas 1 sekolah dasar sampai lulus sekolah menengah atas.

"Kalau bisa nanti bahkan akan kami selaraskan juga dengan nomor pendidikan di tingkat perguruan tinggi," jelasnya.

Rencana dua jenis rapor yang diwacanakan Mendikbud untuk mendukung kebijakan pendidikan penguatan karakter dengan sekolah lima hari dalam seminggu dan memanfaatkan lingkungan sekitar sekolah sebagai sumber belajar.

Mendikbud membebaskan sekolah untuk bekerja sama dengan berbagai lembaga atau pusat pendidikan non-formal seperti olahraga, kesenian, debat bahasa Inggris sesuai minat dan bakat siswa sehingga kemampuan non-akademis siswa berkembang.

Sumber : Tribunnews

Demikian informasi yang dapat beritapgri.com berikan, Semoga ada manfaatnya untuk kita semua...........

loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MENDIKBUD: SISWA DI SEKOLAH AKAN PUNYA 2 JENIS RAPOR"

Post a Comment