DARIPADA UTANG MAKIN BESAR, LEBIH BAIK GAJI PNS TAK NAIK TAHUN DEPAN

Beritapgri.com - Assalamualaikum wr wb ,,,,,,,,,,,,,,,, Selamat pagi rekan-rekan guru semua yang berada diseluruh Indonesia, pagi ini beritapgri.com akan membagikan informasi mengenai,,,,,,

Pemerintah tidak akan menaikkan gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) Dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2018. Sebagai gantinya, para PNS tersebut akan mendapatkan kenaikan dana pensiun. 

Pengamat ekonomi Universitas Indonesia (UI) Lana Soelistianingsih menilai bahwa keputusan Pemerintah sudah tepat. Pasalnya, Pemerintah tidak memiki sumber pendaanaan apabila harus menaikkan gaji PNS. Menurutnya, jika Pemerintah ngotot untuk menaikkan gaji PNS, maka negara terpaksa menambah utang hanya untuk memenuhi kebutuhan tersebut. 


"Kalau pemerintah tidak punya uang masak dinaikkan. Ngambil darimana, pemerintah tidak punya sumber uang lagi, hanya dari pajak," ujarnya saat dihubungi Okezone. "(Ngambil) dari mana lagi? Dari utang? Dimarahi dia (Pemerintah) nanti bayar utang untuk bayar gaji PNS yang naik," imbuhnya. Baca Juga: Gaji PNS di 2018 Tak Naik, Itu Sudah Tepat!

Meskipun demikian, Lana tidak mengingkari jika kesejahteraan PNS harus tetap diperhatikan. Kenaikan gaji memang menjadi hak PNS, lantara inflasi juga terus meningkat sejalan dengan peningkatan harga pemenuhan kebutuhan sehari - hari. Sebagai solusinya, Lana memberi masukan bagi Pemerintah memanfaatkan ruang tunjangan PNS untuk kenaikan gaji PNS. 

"Mungkn tunjangnnya yang variatif. Bisa mengejar dari sisi tunjangan," kata dia.  Baca Juga: Gaji Pokok PNS Tak Naik, Pensiunan Akan Dapat THR di 2018! Sekadar informasi, absennya anggaran kenaikan gaji PNS dari RAPBN 2018 juga telah ditegaskan oleh Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati. Hanya saja pemberian gaji ke 13 dan Tunjangan Hari Raya (THR) tetap diberikan baik untuk PNS dan pensiunan. Untuk menjaga kesejahteraan PNS, pemerintah juga memiliki wacan untuk menambah besaran dana pensiun PNS. Sementara itu, selama ini pensiunan belum mendapatkan THR. Mereka hanya mendapatkan gaji ke-13 saja. 

Sumber : Okezone

Demikian informasi yang dapat beritapgri.com berikan, Semoga ada manfaatnya untuk kita semua..........

loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "DARIPADA UTANG MAKIN BESAR, LEBIH BAIK GAJI PNS TAK NAIK TAHUN DEPAN"

Post a Comment