SEKOLAH INDONESIA AKAN LIBUR HARI SABTU, BAGAIMANA DENGAN NEGARA LAIN? INI PERBANDINGAN UNTUNG RUGI BEDA JAM SEKOLAH

Beritapgri.com - Assalamualaikum wr wb ,,,,,,,,,,,,,,,,, Selamat siang rekan-rekan guru semua yang berada diseluruh Indonesia, malam ini beritapgri.com akan membagikan informasi mengenai Sekolah Indonesia Akan Libur Hari Sabtu, Bagaimana Dengan Negara Lain? , Simak selengkapnya dibawah ini.........

Setiap negara memiliki kebijakan yang berbeda soal pemberlakuan jam sekolah. Bahkan, setiap tingkatan seperti Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) juga memiliki jam belajar yang berbeda-beda. Dan, itu ternyata tidak menentukan kesuksesan penerapan pendidikan anak. 



Di Indonesia sendiri kebijakan waktu belajar siswa masih menjadi perdebatan. Namun, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menyatakan, kegiatan belajar-mengajar di semua tingkatan sekolah hanya akan berlangsung selama lima hari, Senin sampai Jumat. Sistem sekolah lima hari dalam sepekan itu mulai berlaku pada tahun ajaran 2017-2018.
Lihat juga:Sekolah Libur Hari Sabtu Mulai Tahun Ajaran Baru

Kebijakan baru itu secara otomatis meliburkan hari Sabtu. Keputusan berlaku bagi para siswa yang bersekolah di tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK), dan/atau sekolah yang sederajat.Baru-baru ini, 

Hal itu terkait dengan gagasan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy soal full day school atau yang sekarang dikenal Pendidikan Penguatan Karakter (PPK) untuk menekankan pada pendidikan karakter dan pengetahuan umum bagi siswa SD dan SMP.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah perbandingan durasi jam sekolah di beberapa negara maju dan juga efektivitas metode sistem pengajaran yang diterapkan sekolah di negara-negara ini. 

1. Finlandia

Finlandia mendapatkan predikat sebagai salah satu negara dengan pendidikan terbaik di dunia. Uniknya, siswa sekolah di negara itu hanya berlajar selama empat hingga lima jam sehari. Metode pembelajarannya pun didominasi oleh permainan dengan jam istirahat yang juga panjang.

Untuk memasuki SD, siswa diwajibkan berusia tujuh tahun. Negara itu pun tidak memberlakukan Taman Kanak-kanak (TK) dan PAUD. 

Siklus waktu untuk SD, siswa akan belajar sekitar 30-35 menit dan 15 menit istirahat. Sedangkan untuk SMP, siswa akan belajar 40-45 menit kemudian 15 menit istirahat. Bahkan, siswa SMP dan SMA akan belajar mengikuti sistem layaknya kuliah.

2. Korea Selatan

Korea Selatan disebut sebagai salah satu negara yang terobsesi dengan pendidikan. Untuk siswa SD di Korsel harus menghabiskan waktu belajar mulai dari 08.00 sampai 13.00. Siswa SMP harus menghabiskan waktu dari pukul 08.00 hingga 16.30. Sedangkan siswa SMA menghabiskan waktu sekolah sejak pukul 08.00 hingga 22.00.

Pelajar di Korea Selatan juga harus menghabiskan hari sabtu untuk belajar di sekolah. Selain itu, mereka yang sudah menghabiskan belasan jam di sekolah pun masih sering mengikuti bimbingan belajar di luar sekolah.

Korea Selatan dinilai cukup keras dalam pendidikan. Hal itu karena pendidikan kerap diperlakukan ibarat masalah hidup dan mati. Bahkan, banyak siswa yang tidak tahan dengan sistem belajar di Korea Selatan dan mencoba untuk bunuh diri.

3. Jepang

Sedikit berbeda dengan Indonesia, siswa di Jepang akan memulai belajar di sekolah sekitar pukul 08.50. Untuk siswa SD akan menghabiskan waktu dari pukul 08.50-13.00. Untuk siswa SMP sekitar pukul 08.50-15.30 dan siswa SMA akan menghabiskan waktu sekitar 08.50-19.00.

Waktu belajar yang lumayan panjang itu tidak heran membuat siswa terbiasa dengan membaca dan belajar. Ketika usai sekolah, mereka akan menghabiskan waktu dengan mengikuti bimbingan belajar atau ekstrakulikuler.

Ketika dalam perjalanan menuju sekolah atau pulang dari sekolah, mereka juga akan membaca buku atau novel untuk menghabiskan waktu.
Lihat juga:Kualitas Orang Tua dan Guru Jadi Penentu Pendidikan Anak

4. Inggris

Berbeda dengan Indonesia, Inggris memmiliki sistem pendidikannya sendiri. Sejak usia 4-18 tahun, pemerintah Inggris menyediakan pendidikan gratis. Pendidikan di Inggris pun masuk dalam salah satu kategori terbaik. 

Untuk siswa setingkat SD, Inggris menyebutnya First School untuk usia 4-9 tahun dengan jam sekolah 09.00-15.00.

Sekolah untuk remaja (9-13 tahun) disebut Middle school yang membuat siswa menghabiskan waktu dari 08.40-15.30. Untuk usia 13-16 tahun ke atas, mereka akan masuk Upper School yang menghabiskan waktu dari pukul 08.30-15.15. 

Sumber : cnnindonesia

Demikian informasi yang dapat beritapgri.com berikan mengenai Perbandingan beda jam sekolah diberbagai negara, Semoga ada manafatnya untuk kita semua................

loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "SEKOLAH INDONESIA AKAN LIBUR HARI SABTU, BAGAIMANA DENGAN NEGARA LAIN? INI PERBANDINGAN UNTUNG RUGI BEDA JAM SEKOLAH"

Post a Comment