INILAH KELEBIHAN DAN KEKURANGAN SEKOLAH 5 HARI VERSI KOMISI X DPR RI

Beritapgri.com - Assalamualaikum wr wb ,,,,,,,,,,,,,,,,,,, Selamat pagi rekan-rekan guru semua yang berada diseluruh Indonesia, pagi ini beritapgri.com akan membagikan informasi mengenai Kelebihan dan Kekurangan Sekolah 5 hari. Simak selengkapnya dibawah ini.........

Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Fikri Faqih, menilai ada kelebihan dan kekurangan dari Kebijakan Lima Hari Sekolah yang direncanakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) efektif diterapkan pada tahun ajaran 2017/2018.



Positifnya, waktu anak bersama keluarga bertambah sehingga merekatkan hubungan. Kemudian, bisa melakukan kegiatan ekstrakurikuler atau menambah kursus keterampilan pada akhir 

"Atau nambah kemampuan pendukung sekolah," lanjutnya dalam pesan singkat kepada rilis.id di Jakarta, Senin (12/6/2017).

Namun, ada pula dampak negatif yang timbul akibat kebijakan tersebut. Misalnya, kegiatan diniyah yang umumnya digelar ormas keagamaan di tiap sore bakal terganggu.

"Seperti Madrasah Diniyah Awaliyah (MDA), Madrasah Diniyah Wushtho (MWA), dan Madrasah Diniyah Ulya (MDU) atau santri kalong (sorogan) di hampir semua pesantren," beber Fikri.

"Ini dikhawatirkan oleh para penyelenggara terancam tutup, karena kebijakan ini," sambung mantan Ketua DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jawa Tengah itu.

Kekurangan lain dari program tersebut adalah kegiatan belajar mengajar (KBM) sudah tidak efektif ketika melewati pukul 14.00, ketika tidak ada waktu istirahat. Sehingga, dikhawatirkan materi yang diberikan tidak terserap optimal oleh peserta didik.

"Bila makan siang ini dikoordinir sekolah, maka biaya tinggi. Bila diserahkan kepada siswa masing-masing, ini juga sangat tergantung orang tua mereka membekalinya," paparnya.

Fikri mengingatkan, hingga kini banyak orang tua siswa yang tidak mampu memberikan bekal yang cukup kepada anaknya yang bersekolah. "Sehingga, dikhawatirkan ada siswa yang tidak makan siang," pungkasnya.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy berencana memberlakukan kebijakan Lima Hari Sekolah pada tahun ajaran 2017/2018. Kegiatan tersebut bagian dari Program Penguatan Pendidikan Karakter (P3K).

Nantinya, tiap Senin hingga Jumat waktu belajarnya selama delapan jam per hari. Dua hari lainnya, digunakan untuk berlibur.

Sumber : Rilis

Demikian informasi yang dapat beritapgri.com berikan mengenai Kelebihan dan kekurangan sekolah 5 hari versi komisi X DPR, Semoga ada manafatnya untuk kita semua...............

loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "INILAH KELEBIHAN DAN KEKURANGAN SEKOLAH 5 HARI VERSI KOMISI X DPR RI"

Post a Comment