BUKAN ZAMANNYA LAGI GURU AKTIF MENGAJAR, NAMUN GUNAKAN METODE INI...

Beritapgri.com - Assalamualaikum wr wb,,,,,,,,,,,,,,,, Selamat pagi rekan-rekan guru semua dan selamat datang disitus beritapgri.com yang pada kesempatan kali ini akan membagikan informasi mengenai,,,,

Perkembangan teknologi informasi membuat metode pembelajaran turut melejit. Salah satunya terobosan student centered learning. Sistem ini berpusat pada kegiatan siswa di lingkungan sekolah.



Pakar pendidikan sekaligus Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Katolik Atma Jaya Jakarta, Elisabeth Rukmini mengatakan, dengan metode ini cara mengajar dirasa lebih bermanfaat daripada tetap mengaplikasikan teacher centered learning.“Kalau berpusat pada guru hanya satu arah. Siswa mendengarkan paparan sehingga pemahaman materi kurang mendalam. Selain itu, siswa tidak kreatif dan kurang aktif,” katanya saat mengisi seminar pendidikan di Emerald Room Swiss-Belinn Hotel Balikpapan.

Kegiatan ini diikuti 66 guru SMA/SMK. Dia melanjutkan, dengan pengajaran berpusat pada siswa, hubungan dua arah bisa terjadi. Sebab, metode ini mendorong siswa aktif dan berinteraksi. “Siswa kami minta melihat, mencari tahu materi, mempraktikkan, lalu mengambil kesimpulan atas percobaan ilmiah yang dilakukan,” paparnya.

Jadi, siswa dengan berbagai multiple intelligence, mampu belajar dengan individual, kooperatif, kolaboratif, aktif, self directed, serta bersikap peduli. Siswa juga bisa saling mengajar satu sama lain dalam bentuk diskusi. “Baiknya kalau sistem belajar ini dilakukan berkelompok. Tiga hingga lima orang per kelompok sehingga diskusinya tetap fokus," ujarnya.

Ketika siswa mencari tahu informasi sendiri, ucap Elisabeth, peserta didik mudah diingat dan memahami. Meski peran siswa lebih banyak, bukan berarti aktivitas guru sedikit. Bahkan tugas guru dalam menyiapkan materi jauh lebih banyak dan mendalam pada awal pembelajaran. Dengan mempertimbangkan sudut pandang siswa, kemudian tingkat pemahamannya.

“Yang penting dalam sistem ini interaksi. Kemudian memberikan kepercayaan kepada siswa bahwa dia punya dasar pengetahuan dan mampu menambah ilmunya,” ungkapnya. Sementara itu, peserta seminar dari SMK 2 Balikpapan, Nikson mengatakan, sistem ini layak diaplikasikan. Sebab kegiatan pembelajaran menjadi lebih menyenangkan, siswa lebih aktif, dan jujur.

"Ini sejalan dengan pendidikan ramah anak. Memahami siswa dan meningkatkan kepercayaan diri mereka," tutupnya. 

Sumber : prokal

Demikian informasi yang dapat beritapgri.com berikan, yang kami lansir dari prokal, semoga ada manfaatnya unutk kita semua...............

loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "BUKAN ZAMANNYA LAGI GURU AKTIF MENGAJAR, NAMUN GUNAKAN METODE INI..."

Post a Comment