VERIFIKASI SEGERA SELESAI, ALHAMDULLILLAH GAJI GURU HONORER JADI MINIMAL RP 1,8 JUTA

Beritapgri.com - Assalamualaikum wr wb, Selamat pagi rekan-rekan guru semua, dan selamat datang disitus beritapgri.com yang pada kesempatan kali ini akan membagikan informasi mengenai,

Para guru honorer belum menerima gaji selama tiga bulan terakhir di tahun 2017. Pemerintah Provinsi Jawa Barat masih memverifikasi ulang data para guru honorer yang berpindah dari kabupaten dan kota.



Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat Ahmad Hadadi mengatakan, proses verifikasi yang harus dilakukan Pemprov Jabar memakan cukup banyak waktu, karena jumlah guru honorer yang dialihkelola sebanyak 21 ribu orang.

"Kami menargetkan proses verifikasi rampung pada pekan ini," kata Hadadi kepada wartawan ditemui di Gedung Sate, Bandung, Kamis (9/3).

Hadadi menegaskan, Pemprov Jabar berkomitmen untuk terus berpihak kepada para guru honorer meskipun gaji mereka masih diverfikasi. Berdasarkan keputusan Gubernur Jawa Barat, akan ada peningkatan honor pada tahun 2017 ini.

Jika sebelumnya mereka hanya diberi honor sebesar Rp 25 ribu sampai Rp 45 ribu per jam, maka sekarang jumlah honor yang akan mereka terima minimal sebesar Rp 75 ribu per jam. "Sehingga kalau diakumulasikan jam kerja selama satu bulan, maka minimal mereka akan menerima honor sebesar Rp 1,8 juta," ujar Hadadi.

Selain guru honorer, Pemerintah Provinsi Jawa Barat juga rupanya berkewajiban untuk membayarkan gaji kepada para pustakawan office boy (OB) dan satpam yang jumlahnya sekitar 20 ribu orang. Mereka termasuk ke dalam kategori tenaga kependidikan yang bertugas untuk membantu penyelenggaraan pendidikan.

Mereka pun diwajibkan untuk melalui proses verifikasi seperti guru honorer, karena berdasarkan Permendagri Nomor 14 Tahun 2016, gaji yang diberikan kepada para honorer tidak lagi dalam bentuk dana hibah melainkan bantuan langsung.

"Kalau dana hibah, verfikasinya cukup sampai kepala sekolah saja. Sedangkan bantuan langsung, kepala dinas pun harus tahu berapa jumlah OB dan satpam yang diverifikasi," ujarnya.

Namun masalahnya, para tenaga kependidikan ini rupanya belum dianggarkan dalam APBD tahun 2017. Sehingga solusinya gaji mereka akan dibayar melalui anggaran komite sekolah yang bersumber dari sumbangan para masyarakat atau wali murid.

"Itu boleh, asalkan komite sekolah tidak memintanya dengan paksaan. Penggunaan uang komite sekolah merupakan back up bagi mereka yang teranggarkan dalam APBD," pungkas Hadadi. 

Sumber : inilahkoran

Demikian inforamasi yang dapat beritapgri.com berikan yang kami lansir dari inilahkoran, semoga ada manfaatnya unutk kita semua.....

loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "VERIFIKASI SEGERA SELESAI, ALHAMDULLILLAH GAJI GURU HONORER JADI MINIMAL RP 1,8 JUTA"

Post a Comment