INI TANGGAPAN KEPALA SEKOLAH SOAL LARANGAN BAWA HP KE SEKOLAH

Beritapgri.com - Assalamualaikum wr wb,,,, Selamat pagi rekan-rekan guru semua dan selmaat datang disitus beritapgri.com yang pada kesempatan kali ini akan membagikan informais mengenai,,

Kepala Sekolah SMAN 1 Mataram sekaligus sebagai Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Kota Mataram, H. Lalu Fatwir Uzali mengatakan setuju atas aturan larangan membawa HP bagi pelajar ke sekolah yang mulai diterapkan  1 April mendatang.

“Prinsipnya sekolah sangat setuju dengan aturan yang dibuat itu,” ujarnya saat dihubungi suarantb.com, Jum’at, 17 Maret 2017.
Menurut Fatwir, dengan dberlakukannya larangan tersebut, siswa diharapkan tidak ketergantungan dengan gadget yang dapat mengggangu konsentrasi siswa dalam proses belajar mengajar  di sekolah.



Terlebih saat ini, sudah ada gejala degradasi karakter siswa disebabkan penggunaan konten program dan aplikasi HP secara berlebih. “Karena ada degradasi karakter. Karakter ini dibentuk dari beberapa hal termasuk program dan aplikasi HP itu, dari masalah itulah kita ingin mengurangi penggunaan HP di sekolah,” ujarnya.

Oleh karena itu, beberepa langkah alternatif akan diberlakukan agar siswa tetap bisa mengakses internet dan berkomunikasi dengan orang tua mereka. Menurut Fatwir, sekolah harus mempersiapkan infrastruktur pengganti HP dengan menyediakan unit-unit laptop dan komputer di tempat-tempat strategis yang mudah dijangkau siswa.

“Khususnya di perpustakaan supaya siswa bisa mengakses dan sumber belajar dari internetnya tidak terabaikan,” katanya.
Selanjutnya, sekolah juga harus menyiapkan alat komunikasi pengganti seperti telepon milik sekolah agar siswa dapat berkomunikasi dengan orang tua mereka khususnya pada situasi darurat.

Ia mengungkapkan, sarana-sarana alternatif ini, agar disiapkan sebelum diberlakukannya aturan larang tersebut pada 1 April mendatang. Sehingga tidak menimbulkan persoalan baru yang kemudian berpotensi muncul.

Sebelumhya, belum ada larangan khusus terkait larangan membawa HP bagi siswa di SMAN 1 Mataram. Menurut  Fatwir, hal itu disebabkan karena adanya beberapa kurikulum yang yang menuntut siswa untuk mengeksplorasi pengetahuan mereka melalui internet.
“Sebelunya belum ada larangan, karna beberapa kurikulum menuntut anak mengekspolorasi pengetahuan lewat internet. Kalau memang dilarang kita akan cari penggantinya,” ungkapnya.

Terkait  pengawasan, Fatwir mengungkapkan akan mengacu pada juklak dan juknis peraturan tersebut. Hingga saat ini, diakuinya Gubernur masih melakukan sosialisasi agar para siswa mengetahi larangan yang diberlalakukan dan mampu menerapkanya pada 1 April mendatang.

Sumber : suarantb.com

Demikian informasi yang dapat beritapgri.com berikan, semoga ada manfaatnya untuk kita semua.........

loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "INI TANGGAPAN KEPALA SEKOLAH SOAL LARANGAN BAWA HP KE SEKOLAH"

Post a Comment