INILAH ATURAN BARU MENDIKBUD YANG BISA MEMBUAT KANTONG PARA WALI MURID JEBOL

Beritapgri.com - Assalamualaikum wr wb,,,,,,,,,,,,,,,,,,,, Selamat siang rekan-rekan guru semua selamat datang disitus beritapgri.com yang pada kesemapatn kali ini akan membagikan informasi mengenai,,,,,,,,

Pada 30 Desember 2016 lalu, enteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menerbitkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor: 75 Tahun 2016 tentang Komite Sekolah. Aturan tersebut merupakan ‘revitalisasi’ aturan lama tentang Komite Sekolah.

Hasil gambar untuk mendikbud
Mendikbud Muhadjir Effendy
Salah satu poin penting dan krusial: Komite Sekolah dibolehkan memungut sumbangan dana. Artinya, Komite Sekolah boleh mencari dana dari pihak lain, termasuk para orang tua murid.

PP 75 2016 menyebutkan: Komite Sekolah adalah lembaga mandiri yang beranggotakan orangtua/wali peserta didik, komunitas sekolah, serta tokoh masyarakat yang peduli pendidikan.

BACA: Revisi Permendikbud No. 75 Tahun 2016, Lepas dari Mulut Harimau Masuk Mulut Buaya

Dalam Permendikbud ini disebutkan, Komite Sekolah melakukan penggalangan dana dan sumber daya pendidikan lainnya untuk melaksanakan fungsinya dalam memberikan dukungan tenaga, sarana, dan prasarana, serta pengawasan pendidikan.

“Penggalangan dana dan sumber daya pendidikan lainnya berbentuk bantuan dan/atau sumbangan, bukan pungutan,” bunyi Pasal 10 ayat (2) Permendikbud ini.

Namun ditegaskan dalam Permendikbud ini, bahwa Komite Sekolah harus membuat proposal yang diketahui oleh Sekolah sebelum melakukan penggalangan dana dan sumber daya pendidikan lainnya dari masyarakat. Selain itu, hasil penggalangan dana harus dibukukan pada rekening bersama antara Komite Sekolah dan Sekolah.

Hasil penggalangan dana tersebut dapat digunakan antara lain:
a. Menutupi kekurangan biaya satuan pendidikan;
b. Pembiayaan program/kegiatan terkait peningkatan mutu sekolah yang tidak dianggarkan;
c. Pengembangan sarana/prasarana; dan
d. Pembiayaan kegiatan operasional Komite Sekolah dilakukan secara wajar dan dapat dipertanggung jawabkan.

Sementara penggunanaan hasil penggalangan dana oleh Sekolah harus:
a. Mendapat persetujuan dari Komite Sekolah;
b. Dipertanggungjawabkan secara transparan; dan
c. Dilaporkan kepada Komite Sekolah.

“Peraturan Menteri ini mulai berlaku pada tanggal diundangkan,” bunyi Pasal 16 Permendikbud Nomor 75 Tahun 2016 yang telah diundangkan oleh Dirjen Peraturan Perundang-undangan Kementerian Hukum dan HAM Widodo Ekatjahjana pada 30 Desember 2016.

Sumber Berita : teraslampung

Download Aplikasi Info Guru dan Pendidikan di HP Android Anda Untuk Dapatkan Berita Terupdate Setiap Hari >> https://play.google.com/InfoGuruPendidikan

Demikian informasi yang dapat beritapgri.com berikanm yang kami lansir dari teraslampung, semoga ada manfaatnya untuk kita semua................

loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "INILAH ATURAN BARU MENDIKBUD YANG BISA MEMBUAT KANTONG PARA WALI MURID JEBOL"

Post a Comment