PENGUMUMAN ! 542 SEKOLAH DIRUJUK JADI SEKOLAH PENDIDIKAN KARAKTER , INI DIA DAFTARNYA......

Beritapgri.com - Assalamualaikum wr wb,,,,,,,,,,,,,,,,, Selamat sore rekan-rekan guru semua yang berada diseluruh indonesia, sore ini beritapgri.com akan membagikan informasi mengenai,,,,,,,,,,

Pemerintah menunjuk 542 sekolah sebagai rujukan program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). 

Revitalisasi sistem pembelajaran dan kearifan lokal dipadukan dalam PPK ini. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan PPK dilaksanakan dengan sebaran dari Provinsi Aceh hingga Provinsi Papua yang berjumlah 42 sekolah di 22 provinsi. Jumlahnya akan bertambah lagi pada November sebanyak 500 sekolah di 34 provinsi. 

Hasil gambar untuk muhadjir effendy

Dia menyampaikan, karakter itu penting karena jika karakternya kuat, fondasinya kuat, di atasnya dibangun apa pun akan baik. ”Implementasi PPK dilakukan secara bertahap dengan mempertimbangkan kondisi infrastruktur, budaya, serta keberagaman penyelenggaraan pendidikan di seluruh wilayah nusantara. Termasuk sekolah negeri maupun swasta di wilayah perkotaan maupun pedesaan, bahkan di wilayah 3T (tertinggal, terdepan, terluar),” katanya kemarin. 

Muhadjir pun melihat secara langsung PPK yang dilakukan di SDN Inpres Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura, kemarin. Dalam kunjungan tersebut Mendikbud melihat praktik PPK di sekolah. Selain SDN Inpres Kampung Harapan, terdapat sekolah rujukan lain tingkat SMP, yakni SMPN Arso Kabupaten Keerom, Papua dan SMPN 19 Manokwari, Papua Barat. 

Mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang ini menyatakan, pendidikan karakter merupakan upaya revitalisasi manajemen berbasis sekolah. Mereka yang berperan serta ialah kepala sekolah, guru, komite sekolah, dan peran serta aktif orang tua siswa. 

Lebih lanjut Mendikbud menjelaskan bahwa PPK lebih memperhatikan harmoni etika, estetika, kinestetik, dan olah pikir melalui literasi baca, tulis, hitung. ”Harmonisasi tersebut diimplementasikan dalam keterpaduan intrakurikuler, kokurikuler, ekstrakurikuler, dan nonkurikuler untuk mewujudkan karakter baik siswa. 

Nilai-nilai utama karakter yang dapat ditumbuhkan adalah religius, nasionalis, mandiri, gotongroyong, dan integritas serta dapat juga disesuaikan dengan nilai-nilai kearifan lokal daerah masing-masing,” jelasnya. 

Wakil Ketua Komisi X Sutan Adil Hendra berpendapat, revolusi mental membutuhkan implementasi yang lebih sistemik menyeluruh dan lintas sektor serta jauh dari usaha pencitraan yang kurang bernilai. Pasalnya hingga saat ini revolusi mental masih jauh dari implementasi.

”Sebenarnya kita berharap, revolusi mental bisa dimulai dari bidang pendidikan seperti penguatan pendidikan karakter, moral, dan nilai-nilai kebangsaan,” katanya.

Download Aplikasi Info PGRI Nasional di HP Android Anda Untuk Dapatkan Berita Terupdate Setiap Hari >> https://play.google.com/InfoPGRInasional


Sumber : koran-sindo

Demikian informasi yang dapat beritapgri.com berikan, semoga ada manfaatnya untuk kita semua,


loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PENGUMUMAN ! 542 SEKOLAH DIRUJUK JADI SEKOLAH PENDIDIKAN KARAKTER , INI DIA DAFTARNYA......"

Post a Comment