BERKAH RAMADHAN, SATU LAGI THR BERBENTUK UANG KESRA UNTUK GURU SEBESAR 2,4 JUTA SEGERA CAIR

Selamat Malam Bapak dan ibu guru salam sejahtera dan salam edukasi !!
Satu lagi berkah ramadhan menjelang hari raya Idul Fitri dengan telah dipersiapkannya pencairan tunjangan kesra bagi sebagian besar Guru Wiyata Bakti (WB) jenjang SD satu semester untuk masing-masing guru sebesar 2,4 juta rupiah.
Menjelang lebaran, sebagian guru Wiyata Bakti (WB) jenjang SD di Kabupaten Banyumas bakal segera menikmati tunjangan kesra yang selama ini ditunggu-tunggu. Tunjangan kesra yang cair tersebut untuk alokasi semeseter pertama (Januari-Juni).
Namun di pihak lain, guru WB yang tidak mendapatkan alokasi tunjangan kesra hanya bisa gigit jari. Mendekati lebaran ini, mereka tidak bisa menikmati dana “THR” tersebut.

Adapun besarnya tunjangan kesra yang akan diterima para guru WB sebesar Rp 400 ribu per bulan, sehingga bila dialokasikan untuk satu semester (enam bulan), maka mereka akan menerima sekitar Rp 2,4 juta.

Kabid Pengembangan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPTK) Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas, Takdir Widagdo, mengungkapkan bila tidak ada kendala, tunjangan kesra yang diperuntukkan bagi sebanyak 1.954 guru WB jenjang SD tersebut akan disalurkan Jumat (1/7) mendatang.

”Informasinya pihak DPPKAD tanggal 1 Juli baru akan melakukan proses transfer dana ke pihak bank, sehingga kemungkinan para guru WB baru dapat menerima tunjangan sehari setelah hari itu,”

jelasnya.

Sementara untuk guru WB non-penerima kesra, ia mengatakan, tidak ada alokasi dana khusus bagi mereka dari pemerintah daerah. Kebijakan mengenai ada tidaknya “THR” tersebut diserahkan ke masing-masing sekolah.

Dia menambahkan, mekanisme penyaluran tunjangan kesra yang diperuntukan bagi guru WB jenjang SD tersebut dilakukan melalui masing-masing Unit Pendidikan Kecamatan (UPK).

”Nanti setiap UPK akan menerima cek pencairan tunjangan kesra guru WB. Setelah itu dibagikan ke masing-masing guru penerima,” terang dia.

Takdir mengatakan, tahun ini Pemkab baru mengalokasikan tunjangan kesra bagi guru WB jenjang SD negeri. Namun setiap tahun diupayakan jumlah penerimanya bertambah.

”Sebenarnya tahun ini kami sudah mengusulkan pemberian tunjangan kesra bagi guru WB SMP satu atap. Tapi sampai sejauh ini belum mendapatkan persetujuan dari Bupati,” ujarnya.

Dia menjelaskan, guru honorer di SD negeri yang diusulkan menerima tunjangan kesra harus memenuhi beberapa persyaratan yang sudah ditetapkan dalam Peraturan Bupati (Perbup).

”Banyak syarat yang harus dipenuhi, di antaranya minimal harus S1, masa mengabdinya minimal tiga tahun dan lain sebagainya,” tandasnya.
demikian semoga bermanfaat bagi kita semua, salam PGRI
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "BERKAH RAMADHAN, SATU LAGI THR BERBENTUK UANG KESRA UNTUK GURU SEBESAR 2,4 JUTA SEGERA CAIR"

Post a Comment